Teknik Marketing Decoy Effect

Penentuan harga merupakan hal yang vital dalam sebuah bisnis
Betul ?

Jika kamu memasang harga terlalu tinggi, takutnya tidak ada yang mau membeli. Sebaliknya, memasang harga rendah malah membuat bisnis kamu tidak cuan ( untung Tipis ).

Jadi, harus bagaimana ?

Jika saya katakan, kamu bisa memasang harga tinggi tanpa takut barang tersebut tidak laku, apakah kamu akan percaya ?

Itulah yang dilakukan oleh bisnis-bisnis besar seperti Starbucks, Pepsi dll.

Dalam psikologi, trik marketing yang mereka lakukan disebut sebagai Decoy Effect.

Marketing Decoy Effect

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan Decoy Effect dan bagaimana cara trik marketing ini bisa mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk kamu jadi lebih banyak?

Decoy Effect bukan istilah yang mudah dipahami oleh banyak orang. Tapi jika Anda seorang marketer, wajib memahami istilah ini dan juga menerapkannya dalam bisnis yang anda kelola. Mengapa?

Karena strategi marketing yang satu ini mempunyai kemampuan untuk menghipnotis pembeli Anda. Saat Anda berhasil meng-eksekusinya dengan baik, penjualan Anda bisa meningkat berkali- kali lipat.

Apa itu Decoy Effect dalam Strategi Marketing?

Decoy Effect adalah sebuah trik psikologi harga dimana seorang konsumen cenderung mengganti pilihan diantara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang.

Pilihan- pilihan ini membuat satu harga menjadi tidak masuk akal, sementara satu terlihat sangat menguntungkan.

Kenyataannya, ini adalah permainan harga yang bertujuan mengarahkan pembeli Anda ke pilihan produk yang lebih mahal.

Dalam ilmu psikologi marketing, efek Decoy ini juga sering disebut sebagai attraction effect atau asymmetric dominance effect yang dikenal ampuh dalam mendongkrak penjualan.

Cara Kerja Decoy Effect

Agar lebih mudah, kita bisa melihat langsung dari beberapa contoh penggunaan Decoy Effect.

Sebagai contoh kita menjual Popcorn dengan dua ukuran:

  • Ukuran kecil harga Rp 20K
  • Ukuran besar harga Rp 50K

Dan kita tau menjual ukuran besar akan lebih menguntungkan.

Tapi jika kita hanya membuat 2 pilihan di atas maka yang terjadi adalah kebanyakan orang kan membeli ukuran kecil karena secara umum otak manusia akan berorientasi untuk menghemat uang mereka.

Lalu bagaimana agar yang ukuran besar banyak terjual?

Bualah ukuran ketiga yaitu ukuran medium dengan harga Rp 45ribu.

  • Kecil harga Rp 20K
  • Medium harga Rp 45K
  • Besar harga Rp 50K

Maka mendadak ukuran besar terlihat lebih hemat dan menguntungkan akhirnya lebih banyak dipilih.

Hanya dengan membuat pilihan ketiga yang ‘palsu’ maka manusia akan lebih mudah untuk membuat pilihan.

Itulah Decoy effect merupakan ilmu psikologi marketing yang sangat powerful dan sering digunakan oleh para marketer untuk menghasilkan penjualan satu varian dengan lebih banyak dan mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *